Tingkatkan Rumah Layak Huni, Bupati Tapsel Serahkan Buku Tabungan Program BSPS

TAPSEL-barisanbaru.com

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu, SPt, MM menyerahkan buku tabungan penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kabupaten Tapsel atau Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) secara simbolis kepada masyarakat Saipar Dolok Hole di Kantor Camat Saipar Dolok Hole, Selasa (19/4).


Bupati Dolly Pasaribu mengatakan, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) ini merupakan program yang dicanangkan oleh Kementerian PUPR melalui Ditjen Perumahan yang dilaksanakan oleh Balai Penyedia Perumahan Sumut 2 yang bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan di masyarakat dengan memperbaiki kualitas rumah yang dikategorikan tak layak huni menjadi rumah layak huni, katanya.

Selain itu, kami harapkan nantinya setelah adanya proses pemberian buku tabungan kiranya mohon dijaga nama baik Tapsel dan jangan menjadi kecemburuan kepada yang lain, akan tetapi pergunakanlah itu secara maksimal yang bertujuan untuk memperbaiki rumah yang lebih baik lagi, harap Dolly.


Terakhir saya minta kepada bapak/ibu semua agar jangan terlambat mengisi daftar belanjanya tapi walaupun demikian mohon bapak/ibu ini dibantu terkait proses pengisian daftarnya supaya cepat terealisasi pencairannya, pinta Dolly.

Sebelumnya Anggota DPRD Tapsel dari Fraksi Golkar Ahmad Rawi Ritonga mengatakan, saya harapkan kepada kita semua yang menerima bantuan ini untuk selalu mensyukuri apa yang telah Tuhan berikan kepada kita dan bantuan ini masih tahap awal untuk pembangunan bedah rumah yang ada di Kecamatan Saipar Dolok Hole.

Sementara program BSPS ini sudah ada sejak tahun 2017 dengan kuota 120 unit, tahun 2018 sebanyak 244 unit, tahun 2019 sebanyak 545 unit, tahun 2020 sebanyak 400 unit, tahun 2021 sebanyak 44 unit dan tahun 2022 untuk tahap pertama Pemkab Tapsel mendapatkan kuota sebanyàk 353 unit yang bersumber dari APBN sebanyak 323 unit dan dari APBD sebanyak 30 unit dengan total keseluruhan sebanyak 1706 unit.

Sedangkan untuk tahap pertama dari 353 unit. Kecamatan Saipar Dolok Hole mendapatkan 103 unit yang antara lain di Desa Silangkitang Tambiski 23 unit, Desa Pintu Padang Mandalasena 24 unit, Desa Parau Sorat Sitabo-tabo 34 unit dan Desa Batang Parsuluman 22 unit, terangnya.

Lanjut Rawi, mungkin rejeki tahun ini ada pada bapak/ibu semua dan harapan saya ini mohon dijaga untuk pembangunan bedah rumah ini agar secepatnya tuntas. Karena masih banyak saudara-saudara kita yang belum selesai prosesnya dan harapan kita ini dapat berlanjut dari tahun ke tahun, harap Rawi.

Sementara mewakili Masyarakat Saipar Dolok Hole, Kupon Harahap mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati dan Anggota DPRD yang telah memberikan bantuan melalui program BSPS. Semoga bantuan ini menjadi amal ibadah kepada kita semua.

“Mudah-mudahan pertemuan kita ini juga diberkati oleh Allah SWT dan menjadi syafaat serta menjadi amal ibadah kepada kita semua baik di dunia maupun di akhirat.”

Tampak hadir, Plt Kadis Perkim, Camat Saipar Dolok Hole, pimpinan Bank Mandiri dan masyarakat penerima program BSPS. (Dewi)

KOMENTAR ANDA

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: