Medan, barisanbaru.com

Sebanyak 17 orang peserta Calon Tenaga Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Umum yang digelar PT Lanto Masa Anugerah Medan berkunjung Praktek Lapangan K3 ke PT.Lafarge Cement (Solusi Bangun Inonesia) di J Ujung Baru,Belawan pada Rabu,(9/10/19).
Sebagai Tenaga Ahli dalam hal Keselamatan dan Kesehatan Kerja, setiap pekerja dilindungi Undang Undang Nomor 1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. Bahkan dalam mencegah dan mengurangi kecelakaan, seorang Tenaga Ahli K3 dituntut harus mampu menganalisa dan mengidenfikasi potensi bahaya setiap pekerja yang terdapat potensi besar bahaya didalamnya.
PT. Lafarge Cement Indonesia yang berada di Jl. Ujung Baru Pelabuhan Belawan – Sumatera Utara adalah salah satu bukti contoh keberhasilan teknologi dalam pembuatan semen yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Teknologi pembuatan semen meliputi beberapa proses yaitu crusher, raw mill, preheater, calciner, rotary kiln, cement mill dan peralatan industri lainnya.
Semen Ordinary Portland Cement (OPC), Portland Cement Composite (PCC) dan Portland Pozzoland Cement (PPC) adalah hasil produk semen yang mempunyai prospek cukup baik, karena merupakan semen yang berkualitas tinggi disetiap penggunaannya dan efisiensi pengontrolan saat digunakan juga cukup mudah. Saat ini Indonesia memiliki beberapa pabrik semen, salah satunya adalah PT. Lafarge Cement Indonesia meskipun pemilik atau pemegang sahamnya merupakan investor asing yang membuka pabrik dan mengambil bahan baku di Lhoknga Aceh Besar. Dikarenakan kawasan Lhoknga merupakan salah satu kawasan penambangan yang mengandung bahan material pembuatan semen yang merupakan unsur komponen utama pendirian pabrik.
Proses produksi untuk pembuatan semen di unit ini tidak ada dilakukan, Pemeriksaan lapangan yang lakukan 17 orang calon tenaga ahli pada PT. Lafarge Cement Indonesia Unit Pengantongan Jl. Ujung Baru Pelabuhan Belawan – Sumatera Utara ditemukan bahwa prosesnya diawali bahan jadi semen dari kapal masuk ke tangki timbun semen sementara lalu dilakukan pengantongan sebelum dikirim ke customer atau disimpan sementara.
Tidak hanya itu, pelatihan Calon Tenaga Ahli K3 Umum yang berlangsung dari 30 September – 12 Oktober 2019 mendatang juga menghadirkan beberapa narasumber dari Disnaker Provsu, bahkan Narasumber Kemnaker RI,Hugo Nainggolan rencananya yang bakal menguji seluruh peserta yang hadir di Hotel Fave , Jl.S.Parman Medan tersebut.
Salah satu pengurus Perusahan Jasa K3 yang menggelar pelatihan sertifikasi Ahli K3 Umum,Sukamto Edi mengatakan, diharapkan ke seluruh peserta Calon Ahli K3 Umum yang mengikuti seleksi dapat lulus semua dari pengujian Kementerian Tenaga Kerja RI,imbuhnya. (SP)