BarBar (Porsea). Proyek pekerjaan tahun anggaran 2017 dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKIM) berupa rehabilitasi pengerjaan gedung SKB Porsea belum selesai dikerjakan, Selasa (23/1).

“Ada enam pekerjaan T.A 2017, dimana di antaranya proyek pembangunan gedung KPU, perpustakaan, kantor Kecamatan Pintu Pohan Meranti, kantor Kecamatan Habinsaran, SKB Porsea dan proyek penambahan ruangan rumah dinas bupati,” ungkap Pandapotan Tambun selaku Pejabat Pembuat Komintmen (PPK).

Pandapotan Tambun juga mengatakan bahwa proyek pekerjaan ini tidak selesai diakibatkan kendala pembebasan lahan sampai memakan waktu dua minggu juga. Kemudian ada juga karena cuaca yang tidak mendukung dan tenaga pekerja dari pihak ketiga (rekanan).

“Sebelumnya keenam bangunan ini sudah pernah dilakukan addendum waktu (perubahan) waktu hingga sepuluh hari. Namun karena tidak kunjung selesai pihak pemborong kembali mengajukan addendum kedua hingga batas waktu lima puluh hari dan selama addendum dikenakan denda 1/1000 dari pagu,” jelasnya.

Jika tidak selesai sampai lima puluh hari akan diputus kontrak, pembayaran akan dilakukan sesuai progres yang sudah selesai di lapangan dan kemudian sisanya akan di silpakan,” ujarnya.

Untuk melanjutkan pekerjaan pembangunan harus dianggarkan kembali di tahun anggaran berikutnya dan apabila tidak selesai hingga batas waktu yang ditentukan, yakni lima puluh hari sejak habisnya kontrak, maka perusahaan tersebut akan diblacklist, terang PPK. (BB20)