Plt.Walikota Siantar Usulkan Raja Sang Naualuh Jadi Pahlawan Nasional RI

SIANTAR – BarisanBaru.Com
Pemerintah Kota Pematangsiantar dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah sepakat untuk menulis dan menelusuri sejarah Raja Sang Naualuh Damanik, sehingga kesepakatan Pemko Pematangsiantar dan Pemkab Bengkalis akan mengusulkan Raja Sang Naualuh Damanik menjadi Pahlawan Nasional Republik Indonesia.

Hal itu diungkapkan Plt. Walikota Pematangsiantar dr Hj.Susanti Dewayani,Sp.A dalam sambutannya usai Berziarah Ke Jerat Raja Sang Naualuh Damanik, dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Kota Siantar ke 151di Jalan Pematang, Kecamatan Siantar Selatan Kota Pematang Siantar, Senin (25/04/2022.

Susanti Dewayani mengatakan Minggu lalu kami ke Kota Bengkalis untuk berziarah ke Makam Raja Sang Naualuh Damanik dan juga kami mengunjungi penjara tempat Raja Sang Naualuh Damanik di penjarakan.

“Momentum Peringatan Hari Jadi Kota Siantar
Ke-151 Tahun 2022 terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan. Kemarin malam peringatan Haul dan pembagian Takzil, kemudian tadi pagi Rapat Paripurna Istimewa DPRD dan siang ini, Jerat Raja Sang Naualuh Damanik”,tutur Susanti.

Rangkaian acara tersebut untuk mengenang perjuangan dan jasa-jasa Raja Sang Naualuh Damanik yang membela Nusa dan Bangsa hingga akhir hayatnya khususnya di Kota Pematangsiantar.

Lebih lanjut Susanti mengatakan kegiatan ini juga sebagai pengingat kita masyarakat Kota Pematangsiantar untuk meneladani Delapan Sifat Luhur (Poda) yaitu baik, Pengasih, Pelayan, Jujur, Berani, Bertanggung Jawab,Teguh Pendirian, Saling Menghormati dan Membangun dengan meneladani Delapan Sifat Luhur (Poda) Beliau Insya Allah Kota Pematangsiantar menjadi Kota Pematangsiantar yang Sehat, Sejahtera dan Berkualitas.

“Kalau kita perhatikan di Kota Pematangsiantar ada kampung melayu, kampung banten, kampung banjar, kampung Kristen, kampung karo.ini menunjukkan bahwa Kota Pematangsiantar sejak dari dulu adalah kota yang sangat toleransi”,ujar Plt Walikota

Nilai-nilai toleransi di Kota Pematangsiantar sudah lama ada dan di pelopori oleh Raja Sang Naualuh Damanik kepada masyarakat Siantar.

“Saya yakin seluruh elemen masyarakat saling bahu-membahu dan mendukung demi terciptanya kemajuan Kota Pematangsiantar, dan Insya Allah Kota Pematangsiantar Bangkit dan Maju menuju Kota Pematangsiantar yang Sehat, Sejahtera dan Berkualitas”,tutup Susanti

Sebelumnya Ketua DPRD Pematangsiantar
Timbul Marganda Lingga,SH dalam sambutannya mengatakan, Kami dari DPRD Siantar mengajak seluruh elemen masyarakat Kota Siantar untuk berpegang teguh pada arti Perjuangan Raja Sang Naualuh Damanik dan Delapan Sifat Luhur (Poda) Beliau. Kiranya di hari jadi Ke-151 ini menjadi momentum bersama, bagi kita untuk membangun Kota Siantar yang lebih Maju, Sejahtera dan Sehat.(iw)

 

KOMENTAR ANDA

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: