Medan, barisanbaru.com

       Perguruan Tinggi Islam Al-Hikmah baru-baru ini mewisuda lulusan sarjana (S-1) angkatan ke-24 tahun 2019, berlangsung di Auditorium Unimed. Wisuda sarjana sebanyak 175 orang terdiri dari Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Medan 117 orang, dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Hikmah Tebing Tinggi 58 orang. Acara wisuda sarjana tersebut dihadiri Ketua BPH / Rektor Perguruan Tinggi Islam Al-Hikmah Drs H.Zainuddin Siregar,SH.SE,MM , Ketua Yayasan Ir.H.Marapinta Harahap,MM,MAP, Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Medan Dr.Masdar Limbong,M.Pd, dosen dan staf di lingkungan Perguruan Tinggi Islam Al-Hikmah, serta ratusan orang tua wisudawan-wisudawati.

       Ketua BPH / Rektor Perguruan Tinggi Islam Al-Hikmah Drs.H.Zainuddin Siregar,SH.SE.MM dalam sambutannya mengatakan, PT.Islam Al-Hikmah mengasuh lima sekolah tinggi diantaranya Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Hikmah Medan, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Medan, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Medan, Sekolah Tinggi Agama Islam Tanjung Balai dan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Tebing Tinggi.Sebanyak 14 program studi telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan kami selalu berupaya agar alumni yang di wisuda ini mengambil peran dalam pembangunan bangsa baik di bidang hukum, ekonomi dan agama, jelasnya.

       Tidak kalah pentingnya, bagaimana pendidikan yang telah diterima dapat menguatkan wawasan serta nilai-nilai kebangsaan, budaya, agama yang tercermin dalam akhlak yang mulia. Hal ini dapat kita lihat dalam UU No. 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi, menyebutkan bahwa azas-azas pendidikan tinggi adalah kebenaran ilmiah  penalaran, kejujuran, manfaat, kebijakan, tanggung jawab, kebhinekaan, dan keterjangkauan . Sebagai lembaga pendidikan tinggi, PT Islam Al-Hikmah dituntut harus mampu memberikan respon dan jawaban terhadap zaman baik saat ini maupun di masa mendatang, jelasnya lagi.        Sementara itu, ketua yayasan Perguruan Tinggi Islam  Al-Hikmah Ir.H Marapinta Harahap,MM,MAP mengatakan, Perguruan Tinggi Islam Al-Hikmah menaungi 5 sekolah tinggi diantaranya STAI Al-Hikmah Medan, STIE Al-Hikmah Medan, STIH Al-Hikmah Medan, STIT Al-Hikmah Tebing Tinggi dan STAI Al-Hikmah Tanjung Balai. Kelima sekolah Tinggi ini mulai didirikan tahun 1996 yang diawali dari STAI Al-Hikmah Medan. Sebagai perubahan bentuk dari STID Al-Hikmah Medan saat itu sudah fakum, dan tidak ada lagi mahasiswanya.Sehingga atas kerja keras dan perjuangan kita untuk merubah bentuk menjadi STAI, maka pada 1 Maret 1996 keluarlah izin STAI Al-Hikmah Medan melalui SK Menteri Agama RI No. 19 Tahun 1996. Kemudian, dilakukan pengembangan secara terus menerus sampai saat ini, Yayasan Perguruan Tinggi Islam Al-Hikmah telah mendirikan 5 sekolah tinggi dengan jumlah program studi sebanyak 14, jelas Marapinta. (SP)