Paluta, barisanbaru.com

Wilayah Kabupaten Padang lawas utara (Paluta) Provinsi Sumatera utara, diguyur hujan, Masyarakat pun bersyukur atas rahmat tuhan tersebut, terlebih saat ini wilayah Paluta sudah hampir dua minggu diselimuti kabut asap kiriman akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah lain.

Kota Gunung tua dan sekitarnya tampak hujan turun cukup lebat dan juga disertai dengan angin kencang, meski tadi malam kota gunung tua dan sekitarnya juga sempat diguyur hujan gerimis tapi sehingga tidak berpengaruh untuk menghilangkan kabut asap.

“Mudah mudahan dengan turunnya hujan ini kabut asap hilang”Ujar Mau jalo saat berteduh bersama teman kerjanya.

Akibat pekatnya kabut asap, Pemkab Paluta sebelumnya sudah sempat meliburkan sekolah Paud/TK, SD dan SMP dilingkungan dinas pendidikan Kabupaten Paluta mulai hari ini sampai dengan besok Rabu (25/9/2019).

“Mudah mudahan hujan ini berlanjut agar asapnya hilang dan anak anak juga bisa kembali sekolah hari kamis lusa”Ujarnya lagi.

Sementara itu informasi yang dihimpun dari Kepala stasiun Metorologi (BMKG) Aek Godang melalui Pelayanan informasi forecaster Sta met Aek Godang Regina Damanik Ambarita, S.Tr dari pantauannnya curah hujan hari dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah paluta dan juga Tapanuli selatan.

Dari pantauan Hingga malam ini Hujan dengan intensitas sedang dan lebat juga masih mengguyur wilayah kabupaten Paluta

(MR)