Launching Vaksin Booster di Simalungun, Sasaran Usia 18 Tahun Keatas

SIMALUNGUN – BarisanBaru.Com
Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi melakukan launching pelaksanaan vaksinasi booster atau dosis 3 di halaman Kantor Satuan Tugas (Satgas (Covid-19) Kabupaten Simalungun, Sumut, Selasa (25/1/2022).

Kegiatan launching Vaksin Booster tersebut antara lain di hadiri Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya Sibarani, Kapolres Simalungun AKBP Nicolas Dedy Arifianto, Kajari Simalungun Bobby Sandri, Ketua PN Simalungun Vera Yetti Magdalena, Kasdim 0207/Sml Mayor Inf Fransisco Sidauruk, Camat Siantar Edward Girsang, Danramil 08/Bangun Kapten Arh P Siagian, Kapolsek Bangun AKP Stevanus Gultom, Kasat Intel Polres Simalungun AKP Restu Adi, Iptu J Situmorang.

Wakil Bupati Zonny Waldi mengatakan pelaksanaan launching vaksin booster atau dosis 3 (D3) di Kabupaten Simalungun, sesuai dengan aturan bahwa pelaksanaan dosis 1 sudah diatas 70 %, kemudian dosis 2 sudah diatas 50 %.

“Pelaksanaan vaksin booster tersebut diperuntukan bagi usia 18 tahun ke atas yang sudah mendapat layanan dosis 2, minimal 6 bulan setelah vaksin dan tujuan dari vaksin booster yaitu meningkatkan dan menguatkan vaksinasi-vaksinasi sebelumnya,”jelas Wabup.

Wakil Bupati juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran satgas Covid-19 Kabupaten Simalungun, vaksinator dan keterkaitan tiga pilar yaitu Pemkab Simalungun, TNI dan Polri yang telah melaksanakan tugas dengan baik, sehingga pada akhir Desember 2021 lalu Kabupaten Simalungun mencapai target vaksinasi dosis 1 sebanyak 70%.

“Saat ini ini kita sudah berada di angka 81,91% untuk dosis 1 dari target sasaran vaksin 788.362 orang di Kabupaten Simalungun,”kata Wakil Bupati.

Wakil Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat agar turut serta mensukseskan kegiatan vaksinasi di Kabupaten Simalungun baik dosis 1 (D1) yang masih tertinggal, dosis 2 (D2) yang masih berjalan. “Ini harus sama-sama kita rampungkan kedepan,”ujarnya.

Terkait vaksinasi anak, Wakil Bupati menyampaikan bahwa di Kabupaten Simalungun target sasaran vaksinasi anak sebanyak 100.318 orang dan sudah 87% tervaksin. “kita berharap dalam waktu dekat vaksinasi untuk anak ini sudah dapat dicapai,”kata Wakil Bupati.

“Dengan suksesnya vaksinasi di Simalungun akan meningkatkan kekebalan tubuh kolektif kita, sehingga kehidupan bermasyarakat dapat berjalan normal kembali. Untuk itu walaupun kita sudah melaksanakan vaksinasi baik D1, D2 maupun booster, yang namanya prokes (protokol kesehatan) tetaplah dilaksanakan di era kehidupan yang baru saat ini,”tandas Wakil Bupati.

Diharapkan, dengan kehidupan yang sehat maka semua program di Kabupaten Simalungun dapat berjalan dengan baik, sehingga visi dan misi ‘Rakyat Harus Sejahtera’ dapat tercapai yang diawali dengan penduduknya yang sehat dan pelayan publiknya juga sehat.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Simalungun menyampaikan bahwa ancaman Covid-19 belum selesai. “Ancaman ini belum selesai, untuk itu mari kita meningkatkan disiplin pribadi untuk mematuhi protokol kesehatan, demi diri kita dan lingkungan kita,”pintanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Simalungun menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi sangat penting bagi kesehatan. “Vaksin booster ini sangat penting untuk menambah imun kita, sehingga kita terhindar dari pandemi covid-19. Mari sama-sama kita mendukung vaksin ke 3 dan tetap melaksanakan protokoler kesehatan,”ujarnya.

Target sasaran vaksin booster pada kegiatan launching tersebut sebanyak 600 dosis, dengan petugas vaksinator dari Puskemas Batu 6, Puskesmas Silau Malaha dan Puskesmas Rambung merah. Selain melayani vaksin booster, dikegiatan itu juga melayani vaksin d1 dan d2 bagi yang belum melaksanakannya.(Iw)

KOMENTAR ANDA

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: