Teks Foto: ilustrasi taman Siswa

Medan – Pelaksanaan rapat kerja daerah (Rakerda) Taman Siswa ke 24 dan Wanita Taman Siswa ke-23 Daerah Subaria (Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau) yang berlangsung, Rabu pada 04 s/d 06 Desember 2018 di Gedung LPMP Asam Kumbang Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang, direncanakan akan dibuka oleh Bapak Gubernur Sumatera Utara Letjen TNI (Purn) H. Edy Rahmayadi. Rakerda Taman Siswa mengambil tema : “Peran Taman Siswa Menuju Masyarakat Berkarakter, Bermartabat, Salam dan Bahagia”.
Demikian hal ini disampaikan Ketua Panitia Pelaksana Penyelanggara dan juga sebagai Ketua Perguruan Taman Siswa Cabang Medan Ki Sutarno, S.Pd didampingi Sekretaris Panitia Ki Tri Wahyu Sarjono, S.Pd dalam siaran Persnya, Rabu (28/11) di Medan.
Selanjutnya, kata Ki Sutarno, Rakerda Taman Siswa akan menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya, Ketua Umum Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa Prof. Dr. Sri Edi Swasono, Rektor Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa Yokyakarta Ki Drs. Pardimin, M.Pd, Phd, Ki Prof, Selamet, PH, MA, M.Ed, MLHR, Ph.D, Prof. Dr. Mutia Hatta, dan Kadis Pendidikan Propinsi Sumatera Utara Dr. Arsyad Lubis. Maksud dan tujuan rakerda antara lain, menghimpun informasi dan potensi yang ada di Taman Siswa daerah Subaria, menghimpun dan mendata keberadaan Perguruan – perguruan Taman Siswa se-Subaria, dan mendata segala kendala yang dihadapi setiap cabang Taman Siswa se-Subaria, jelasnya.
Kemudian, lanjut Ki Sutarno, membahas dan memusyawarahkan bahan – bahan masukan, usul dan saran dari cabang se-Subaria tentang informasi peningkatan mutu pendidikan dan penyempurnaan kurikulum pendidikan, serta mengabulkan keputusan – keputusan rakerda, dan selanjutnya akan menjadi bahan acuan dalam Kongres Taman Siswa. Rakerda ke-24 Taman Siswa mengambil tempat di 3 lokasi yaitu di Perguruan Taman Siswa Cabang Medan Jl. Bakaran Batu No. 18 Kecamatan Medan Area, Gedung Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sumatera Utara Asam Kumbang Sunggal, dan Pondok Permai Serdang Bedagai, jelasnya lagi.
Materi dalam agenda Rakerda ke-24 Taman Siswa ini yang akan dibahas antara lain, hal – hal yang merupakan masukan dan informasi dari cabang se-Subaria, pembimbing Taman Siswa, Majelis Luhur maupun pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan RI, serta bahan – bahan yang diambil dari keputusan – keputusan kongres, rakerda, dan rakernas terdahulu. Serangkaian rakerda Taman Siswa ke-24 meliputi zairah ke makam Ki Subondo dan Karto Projo seorang tokoh Taman Siswa Cabang Medan dan tokoh Taman Siswa se-Subariya. Peserta rakerda di perkirakan berjumlah 200 orang yang diikuti dari 34 cabang Taman Siswa daerah Subaria. Rakerda Taman Siswa diadakan selama 2 tahun sekali berpindah – pindah tempat. Untuk yang ke-24 diadakan di Medan dan sebelumnya di Batam dan Padang Sumatera Barat. Diharapkan, Bapak Gubsu Edy Rahmayadi dapat membuka acara rakerda Taman Siswa ke-24, semoga nantinya kegiatan ini dapat berjalan sukses dan lancar, tandas Ki Sutarno. (Rel)