Medan – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Medan menggelar dialog interaktif, ceramah dan tatap muka terkait sosialisasi pelayanan dan pengaduan. Acara tersebut berlangsung sejak 29-30 November 2018 lalu di Grand Kanaya Hotel dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Medan Zain Noval, S.STP,M.AP, menghadirkan sejumlah pembicara antara lain Kasi Pengelolaan dan Pengaduan Badan Perizinan Kota Medan, dan Sekretaris Sapol PP Kota Medan.
Kepala Dinas Kominfo Kota Medan Zain Noval, S.STP,M.AP dalam sambutannya saat menutup acara tersebut mengatakan, aplikasi Lapor (Layanan Anspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) akan disampaikan masyarakat kepada OPD (Organisasi Perangkat Daerah) sampai ke tingkat kelurahan masing-masing. Layanan ini sangat bermanfaat dan semakin memudahkan masyarakat untuk menyampaikan pengaduan, jelasnya.
Sebab, melalui program SP4N (Sistem Pengelolaan Pengaduan dan Pelayanan Publik Nasional) Lapor ini,pemerintah tau ada kendala yang disampaikan baik di kecamatan maupun kelurahan masyarakat itu masing-masing untuk segera dapat ditindaklanjuti, jelasnya lagi.
Sementara itu, Kasi Komunikasi Massa Diskominfo Kota Medan Hendra S. Lubis kepada awak media ini, Jum’at (30/11) diruang kerjanya menjelaskan, terkait sosialisasi pelayanan dan pengaduan, Diskominfo Kota Medan memiliki wadah untuk menampung aspirasi pengaduan masyarakat agar dapat ditindaklanjuti. Setiap hari ada sekitar dua atau tiga perihal pengaduan dari masyarakat kita sampaikan kepada operator, seperti listrik sering padam, jalan-jalan rusak, pengurusan KTP, KK, sering mengalami kendala, dan lain-lainnya, ujarnya.
Dalam hal ini, Diskominfo Kota Medan sebagai administrasi Lapor merupakan aplikasi terintegrasi yang merupakan program dari pemerintah pusat sudah digalakkan sejak tahun 2015 lalu berjalan dengan baik. Upaya dialog ini bertujuan untuk mempercepat pengaduan dari masyarakat yang merupakan salah satu tujuan kita yaitu menuju “Medan Smart City”, tandas Hendra.

(ST).