SIANTAR – BarisanBaru.Com
Dalam mewujudkan pelayanan yang lebih mudah dijangkau, Rumah Sakit (RS) Murni Teguh secara resmi mendirikan cabang di Kota Pematangsiantar. Langkah awal dimulai dengan peletakan batu pertama, Rabu (22/12/2021) di Jalan Medan KM 4,5, Kelurahan Naga Pita, Kecamatan Siantar Martoba.

Kegiatan ini dihadiri langsung pimpinan RS Murni Teguh, didampingi suaminya Cuncun. Tampak juga sejumlah tamu undangan seperti Ketua DPRD Pematangsiantar, Timbul Lingga, Ketua MUI, H Ali Lubis, Ketua IDI Siantar-Simalungun serta sejumlah pejabat dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Kota Pematangsiantar.

Sesuai perencanaan, gedung RS Murni Teguh ini akan didirikan 6 lantai dan proses pembangunan secara bertahap hingga 1,5 tahun. Namun sebelum rampung total, rumah sakit tersebut sudah bisa beroperasi atau akan melayani masyarakat mulai Juni Tahun 2022.

dr Togar Siallagan selaku panitia pembangunan mengutarakan, mendirikan RS Murni Teguh di Kota Pematangsiantar lahir dari semangat bersama untuk memajukan kota ini. “Keinginan kita adalah ‘Martabe, marsipature hutana be’ (membangun kampung sendiri). RS Murni Teguh ingin memberikan kontribusi,” katanya.

“Pasien di RS Murni Teguh Medan itu asalnya banyak dari Siantar dan Simalungun. Oleh karena itu, sebagai orang Siantar, rumah sakit ini harus hadir untuk memberikan kontribusi dan pelayanan kepada masyarkat,” terangnya lagi.

Pimpinan RS Murni Teguh, Dr.dr.Mutiara.MHA.MKT juga menjelaskan, kehadiran cabang RS Murni Teguh di Kota Pematangsiantar tentu sangat memudahkan warga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih cepat.

“Rumah Sakit Murni Teguh yang ada di Siantar tidak akan beda dengan RS Murni Teguh yang ada di Kota Medan. Kami akan upayakan semua sama tetapi kami tetap menyesuaikan dengan kebutuhan di daerah ini. Kalau di daerah ini banyak  masyarakat yang sakit kangker, jantung. Sejauh ini kami akan fokus di situ,” ujarnya didampingi Koordinator RS Murni Teguh, OW Herry Darmawan dan Elly Soraya Sembiring.

RS Murni Teguh yang ada di kota ini akan melayani sebanyak 30 poli dengan tempat tidur lebih dari 100. “Kelas yang kita siapkan mulai dari kelas 3, 2 dan 1. Resindence juga ada. Untuk masyarakat yang kurang mampu kita juga akan berikan subsidi. Jadi semuanya ada solusi. BPJS Kesehatan juga akan kita ajukan,” katanya.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Kota Pematangsiantar Timbul Lingga mengaku bangga dan sangat bersyukur dengan kehadiran RS Murni Teguh di Kota Pematangsiantar. Dewasa ini kebutuhan pelayanan kesehatan di tengah masyarakat sangat perlu serta perlu ditingkatkan. Begitu juga dengan sarana dan fasilitas lainnya.

“Kita sadar betul bahwa kesehatan bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Pembangunan gedung rumah sakit ini merupakan salah satu upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Saya optimis pembangunan rumah sakit ini akan disambut masyarakat khususnya masyarakat Kota Pematangsiantar,” terangnya.(Iw)

By Adm1