Jakarta, barisanbaru.com

Pendidikan merupakan hak segala bangsa. Dalam kondisi dan situasi apapun, setiap anak Indonesia memiliki hak yang sama dalam menempuh dan mengenyam pendidikan yang layak   dunia yang semakin maju. Meskipun memiliki keterbatasan,tidak menyurutkan langkah putra-putri bangsa untuk tetap memiliki semangat yang membara dalam melanjutkan pendidikan. Melihat hal ini, PT Bussan Auto Finance (BAF) sebagai perusahaan  pembiayaan yang memiliki andil untuk memajukan kesejahteraan bangsa, menunjukkan kepeduliannya dengan membantu mewujudkan mimpi anakpenyandang disabilitas, anak-anak jalanan, dan anak-anak yang berasal dari keluarga prasejahtera untuk dapat menikmati pendidikan yang lebih baik.

Sebagai bagian dalam rangkaian acara menyambut 22nd BAF Anniversary, program Corporate Social Responsibility (CSR) kali ini mengusung tema “Caring for Children”, merupakan salah satu bentuk kepedulian BAF dalam mewujudkan cita-cita anak bangsa dan perbaikan kualitas pendidikan.Kegiatan CSR BAF Peduli rutin diadakan di setiap tahunnya, dan kali ini kegiatan CSR diselenggarakan mulai tanggal 10 September 2019 yang tersebar di 7 (tujuh) titik lokasi di 7 (tujuh) kota besar di Indonesia, sesuai dengan lokasi dimana Kantor Cabang BAF berada diantaranya Makassar, Bandung, Depok, Surabaya, Jakarta, Denpasar dan Medan.

Adapun bantuan yang diberikan, diantaranya adalah perbaikan asrama, pemberian alat keterampilan, alat peraga disabilitas, sembako, alat perlengkapan sekolah, prasarana sekolah dan perlengkapan ekstrakurikuler

Selain pemberian bantuan, kegiatan CSR BAF Peduli “Caring for Children” juga memberikan kesempatan pada anak-anak penyandang disabilitas, anak-anak jalanan, dan anak-anak yang berasal dari keluarga prasejahtera untuk “unjukgigi”  menyalurkan bakatnya dalam kegiatan menyanyi dan  menari, membuat handprint sebagai symbol kegigihan mereka dalam menempuh pendidikan di tengah keterbatasan yang dihadapi.

Acara yang dihadiri beberapa Management BAF Kantor Pusat dan karyawan cabang BAF setempat mendapat sambutan hangat dari para guru, pengurus dan siswa/siswi SLB/Yayasan yang ada di tiap lokasi. Secara simbolis, penyerahan bingkisan/bantuan diberikan oleh para pejabat BAF kepada Kepala Sekolah sebagai pengurus SLB atau Ketua Yayasan pengurus.

Sebagai perusahaan pembiayaan sepeda motor Yamaha, pembiayaan mobil, pembiayaan elektronik, gadget&perlengkapan rumah tangga, pembiayaan mesinpertanian serta Dana Syariah, kegiatan ini akan terus dilakukan secara rutin setiap tahun sebagai komitmen rasa kepedulian perusahaan terhadap kehidupan social ekonomi masyarakat sekitar. Kegiatan CSR BAF Peduli yang bertepatan dengan momentum perayaan BAF menyambut ulang tahunnya yang ke-22 pada tanggal 24 September 2019 mendatang, diharapkan mampu mendorong semangat anak-anak tersebut untuk tetap melanjutkan jenjang pendidikannya.

Tentang PT Bussan Auto Finance (BAF),

Perjalanan PT Bussan Auto Finance (“Perseroan”) diawali pada tahun 1995 dengan nama PT Pembiayaan Getraco Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang pembiayaan, dan menjadi perusahaan joint venture antara PT Danamon Sanggrahan, Mitsui dan Yamaha pada tahun 1997 yang berfokus pada pembiayaan sepeda motor baru Yamaha. Nama Perseroan pun berubah menjadi PT Danamon Mits Otomotif Finance dan tanggal 24 September 1997 diperingati sebagaihari ulang tahun Perseroan hingga saatini. Pada tahun 1998, Mitsui & Co., Ltd. Membeli seluruh kepemilikan PT Danamon Sanggrahan sehingga mengakibatkan Mitsui & Co., Ltd. Menjadi pemegang saham utama dengan kepemilikansebesar 75%, sedangkan sisanya dimiliki oleh PT Lenggara Guna sejahtera (15%), Yamaha Co., Ltd., Jepang (7%) dan PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (3%). Sebagai akibat dari akuisisi tersebut, nama Perseroan diubahmenjadi PT Bussan Auto Finance dengan focus bisnis tetap sebagai perusahaan pembiayaan sepeda motor baru khusus merek Yamaha. Pada tahun 2004, seluruh saham milik PT Lenggara Guna sejahtera dijual kepada PT Mitsui Indonesia. Pada tahun 2013, Perseroan melakukan peningkatan modal melalui penerbitan saham baru yang seluruhnya diambil bagian oleh PT Ciptadana Capital, salah satu perusahaan afiliasi dari Grup Lippo dan Yamaha. Pada tahun 2018, Mitsui & Co., Ltd. Menambah kepemilikan sahamnya dengan mengakuisisi seluruh  kepemilikansaham PT Ciptadana Capital, sehinggakomposisipemegangsaham Perseroan hinggasaatinimenjadi Mitsui & Co., Ltd. sebesar 68,3%, PT Mitsui Indonesia sebesar 11,7%, Yamaha Motor Co., Ltd. sebesar 17,7% dan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sebesar 2,3%.

Seiring pertumbuhan dan perkembangan kebutuhan masyarakat, Perseroan terus berinovasi untuk menjadi solusi pembiayaan bagi kebutuhan masyarakat. Perseroan tidak hanya menyediakan produk pembiayaan sepeda motor baru merek Yamaha tetapi juga pembiayaan motor bekas untuk berbagai merek, Dana Syariah yang merupakan produk pembiayaan berbasis syariah, pembiayaan multi produk yang meliputi peralatan elektronik dan rumahtangga, pembiayaan mesin pertanian, serta pembiayaan mobil baru untuk berbagai merek.

Kegiatan usaha Perseroan terus berkembang dan per tanggal 30 Juni 2019, Perseroan telah beroperasi di 233 lokasi di seluruh Indonesia, yang terdiri dari 191 kantorcabang dan 42 point of  services (“POS”) yang didukung oleh lebih dari 7.000 karyawan. Perseroan juga telah memperluas jaringan pelayanannya dengan menambah titik-titik pembayaran angsuran melalui kerjasama dengan pihak ketiga yang meliputi jaringan layanan perbankan, gerai ritel dan platform pembayaran  elektronik. Perseroan telah terdaftar dalam Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) dan juga Biro Kredit. Dalam melaksanakan bisnisnya, Perseroan terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (Hen)