TOP NEWS

Tentang Kami

Logo Barian Baru Online

Latar Belakang
Suratkabar Barisan Baru memiliki latar belakang yang cukup unik, yakni pada 21 Juni 1966 merupakan cetak perdana SKH BUKIT BARISAN yang semula merupakan corong kodam II/BB, dengan sasaran pemberitaan yang relatif memaklumkan kepada masyarakat Sumatera Utara khususnya para anggota TNI-AD se-Kodam II/Bukit Barisan tentang bentuk dan kegioatan Komando Daerah Militer II/Bukit Barisan.
Sejak penerbitan perdana sampai dengan tahun 1997 dikoordinir dan dijabat oleh personel TNI/AD yang menjabat sebagai Kepala Penerangan Daerah Militer II/Bukit Barisan secara silih berganti.
Seiring dengan laju reformasi kiranya Surat kabar Harian Bukit Barisan tidak terelakkan terbawa arus badai reformasi dimana terhitung mulai tahun 1997. Pimpinan Redaksi Surat Kabar Harian Bukit Barisan dipercaya kepada sipil yang merupakan kader SKH Bukit Barisan sendiri yaitu bapak Sasmita Rizal.
Setelah lebih kurang 2 tahun menjabat Pemimpin Redaksi SKH Bukit Barisan muncul kesimpulan Kodam I Bukit Barisan dalam hal ini Puskopad Dam 1 Bukit Barisan melepas Kepemilikannya atas Yayasan/Penerbit SKH Bukit Barisan.
Dengan kondisi demikian penerbit terancam tutup dan sebanyak 150 orang karyawan/wartawan kehilangan mata pencarian dan bendera yang telah sekian lama mereka kibarkan.
Atas upaya Pemimpin Redaksi Sasmita Rizal mengambil langkah berani pada tanggal 6 Juni 2000 menerbitkan sendiri Barisan Baru, namun dikarenakan sakit  yang tak kunjung sembuh beliau menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 13 Mei 2009.
Kembali sang anak Hendy Setiawan, Putera ketiga Sasmita Rizal (alm) bermodal nekad meneruskan cita-cita penerbitan Barisan Baru tidak terlepas turut serta  dukungan keluarga, meski diterjang konglomerasi media oleh para pengusaha media di Indonesia namun tetap bertahan hingga saat ini.

Arus informasi datang dari berbagai bentuk media, mulai dari media cetak hingga elektronik. Berbagai jenis dan nama media cetak maupun online berupa situs website pun kian menjamur.
Melihat persaingan yang cukup ketat, kami menyadari bahwa tak mudah untuk bertahan di tengah pesatnya teknologi informasi. Namun, kami berupaya semaksimal mungkin untuk dapat menciptakan media yang lebih inovatif dan berkontribusi positif bagi kemajuan bangsa dengan membuat media jejaring sosial berupa Koran digital (media online) yang bernama www.barisanbaru.com bersama teman Hendy “senasib sepenanggungan” bernama A.Sagala,S.Kom sehingga kini dapat publish launching perdana www.barisanbaru.com pada 27 Januari 2018.