TOP NEWS

Penutupan MPLS SMKN 1 Beringin Berjalan Sukses

Medan, (BarBar)
Penutupan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Beringin Kabupaten Deli Serdang, berlangsung sukses , meriah dan lancar. MPLS pada tahun ini lebih meriah dilaksanakan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena, banyak pembelajaran lingkungan dilaksanakan diluar kelas dari pada di dalam kelas, jelas Kepala SMK Negeri 1 Beringin Ilyas, M.Pd diwakili Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Suharto, S.Pd, M.Si kepada BarBar, belum lama ini di ruang kerjanya.
Selanjutnya, dikatakan, MPLS yang berlangsung selama 3 hari sejak Senin s/d Rabu (16-18 Juli 2018) itu diikuti sebanyak 462 siswa-siswi baru tahun ajaran 2018-2019, hadir keseluruhan. Materi yang diberikan kepada peserta didik baru diantaranya literasi sekolah, wawasan wiyata mandala, pendidikan baris-berbaris , menyanyikan lagu-lagu nasional, visi-misi sekolah. Kemudian, pembelajaran efektif, etika komunikasi, budaya 3S (senyum,sapa,salam), tata tertib sekolah, hak dan kewajiban siswa, bahaya narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya (NAPZA), pergaulan bebas, kebersihan lingkungan dan bakti sosial, jelasnya.
Dalam mengikuti MPLS, peserta didik baru dibimbing oleh guru-guru SMK di lingkungan SMKN 1 Beringin. Kemudian, untuk pendidikan baris-berbaris (PBB) kita libatkan dari Babinsa Koramil Kecamatan Beringin dan juga OSIS. MPLS sudah berjalan selama 3 tahun sudah diterapkan masing-masing sekolah baik di SMP, SMA atau SMK sederajat yang sebelumnya dengan istilah MOS (Masa Orientasi Siswa), jelasnya lagi.
Saat ditanya perpustakaan SMKN 1 Beringin masuk nominasi nasional, Suharto mengatakan sangat merasa bangga atas penilaian dewan juri tingkat Provinsi dan telah dinyatakan oleh dewan juri tingakat nasional lolos dalam nominasi 15 besar tingkat nasional pada lomba perpustakaan SLTA/Madrasah tingkat nasional tahun 2018, yang diikuti seluruh Provinsi se-Indonesia. Keberhasilan masuk nominasi 15 besar tingkat nasional membuat perpustakaan SMK Negeri 1 Beringin terus berbenah diri menjadi yang terbaik se-Indonesia. Untuk mencapai tujuan dimaksud, lanjut Suharto, pembenahan lingkungan perpustakaan sekaligus administrasi serta kelengkapan yang harus dipenuhi ke tingkat nasional, sudah dipersiapkan. Tentunya, keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan dan komitmen Kepala SMK Negeri 1 Beringin Ilyas, M.Pd dan juga Kepala Perpustakaan SMK Negeri 1 Beringin Aminah, S.Pd, M.Si dalam mengembangkan sekolah salah satunya perpustakaan dan peningkatan SDM warga sekolah. Dari 34 Provinsi yang akan bertanding pada 31 Juli – 2 Agustus 2018 mendatang, saya optimis perpustakaan SMKN 1 Beringin dapat terpilih menjadi perpustakaan yang terbaik di tingkat nasional, tandas Suharto. (SP).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *