TOP NEWS

Laporkan Sarmadan Hasibuan,LSM SOCPADE RI “Seruduk” KPK Dan KEJAGUNG

Jakarta, (BarBar)

Aksi “seruduk” dengan bentang spanduk sepanjang 15 Meter yang dilakukan  LSM Sosial Control Penggunaan Anggaran Daerah (SOCPADE) RI meminta KPK RI & Kejaksaan Agung (Kejagung) memeriksa mantan Sekda Kota padangsidimpuan Sarmadan Hasibuan terjadi di halaman Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kemarin.
Dalam orasinya, LSM SOCPADE RI meminta KPK RI dan Kejagung RI segera memeriksa Pj.Walikota Padangsidimpuan, Sarmadan Hasibuan yang diduga “kebal hukum” selama menjabat sekda kota padangsidimpuan periode 2007 s/d 2012.
Sarmadan yang juga mantan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan Dan Aset Daerah (BPKAD) Provsu dituding banyak tindak pidana korupsi seperti Penggelapan uang kas daerah senilai Rp 5 Milyar, Penggelapan Dana Pilkada tahun 2008, Penggelapan Dana MTQ tahun 2008, Penggelapan dana Hibah PSKPS (Persatuan Sepabola Kota Padangsidimpuan), dan kasus-kasus lainnya seperti temuan BPK terkait APBD “ganda” pada tahun Anggaran 2007, dugaan pengalihan gaji PNS ke 14 yang tidak ditampung APBD dan kebijakan proses tender yang dikabupaten Tapanuli Selatan diduga “beraroma” KKN sewaktu menjabat Plt Bupati Tapsel.
Aspirasi demo Aktivis yang bergabung dengan LSM SOCPADE RI setelah sekian lama berorasi akhirnya diterima Yayu yang mewakili Humas KPK.
Usai demo di KPK, Aktivis yang bergabung dengan LSM SOCPADE RI melanjutkan aksinya ke gedung Kejagung RI dengan statement yang sama.
Aksi Demo yang dilakukan aktivis dan LSM SOCPADE RI di depan gedung KPK dan Gedung Kejagung, merupakan tindak lanjut dari aksi Demo dihalaman kantor Gubsu dan Kantor DPRD Sumatera Utara, Rabu (28/2) kemarin, aktivis dan LSM SOCPADE RI meminta Kejagung memeriksa Sarmadan Hasibuan yang kini kasusnya “bergulir” di Kejatisu.

Atas laporan itu, Kejatisu akan melakukan pemeriksaan dengan memanggil si terlapor yakni Sarmadan Hasibuan(_red).
Kasipenkum Kejati Sumut, Bobbi Sandri SH MH melalui Yos Gernold Tarigan SH pada bulan lalu mengatakan, “Setiap laporan akan kita proses, dan pihak terlapor akan kita panggil untuk diperiksa. Jika ada perbuatan kerugian Negara, maka kita akan menetapkan tersangka kepada yang terlibat,”tegasnya.(BB30).

3 thoughts on “Laporkan Sarmadan Hasibuan,LSM SOCPADE RI “Seruduk” KPK Dan KEJAGUNG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *