TOP NEWS

62 Siswa SMPN 4 Medan Ikuti Seleksi Catur

Medan,(BarBar)
Sebanyak 62 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Medan mengikuti seleksi ekstrakurikuler catur, selama dua hari sejak Jum’at – Sabtu (20-21 Juli 2018) di sekolah tersebut Jl. Jati III, Teladan Timur Kota Medan. Seleksi melalaui pertandingan catur cepat 30 menit dalam 7 babak ini dari total 62 peserta, akan disaring menjadi 25 orang. Selanjutnya, akan dibina untuk dilatih sebagai atlit catur dari SMP Negeri 4 Medan. Target kami dalam jangka waktu tiga tahun akan melahirkan pecatur-pecatur junior pelajar yang handal di Sumut pada umumnya dan di Kota Medan pada khususnya, jelas Kepala SMP Negeri 4 Medan Drs. Hotman Torkis Siahaan kepada “Lidik” usai menutup seleksi catur di sekolah tersebut.
Hotman yang juga sebagai Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengprov Percasi Sumut mengatakan, untuk meningkatkan kemampuan dan jam bertanding para pecatur binaan. Nantinya mereka akat diikutkan dalam berbagai kejuaraan seperti Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), even-even catur seperti kejuaraan daerah (Kejurda) dan kejuaraan nasional (Kejurnas). Sesuai dengan visi-misi SMP Negeri 4 Medan yaitu menciptakan atau menuju sekolah unggul berbasis yang berdasarkan prestasi, secara khusus untuk catur. Padahal di sekolah ini ekstrakurikuler yang lain juga ada diantaranya karate, futsal, pramuka, dayung dan seni musik (paduan suara), jelasnya lagi.
Selanjutnya, kata Hotman, kenapa mesti catur yang harus kita tonjolkan. Karena catur adalah olahraga yang membutuhkan daya pikir kritis, konsentrasi tinggi, kemandirian dan kreatifitas. Untuk mengembangkan potensi diri dan sportifitas harus ada kejujuran dalam bertanding. Para pecatur yang terjaring akan mengikuti program ekstrakurikuler catur, dengan jadwal latihan minimal seminggu dua kali. Ada empat pelatih yang telah kami siapkan untuk melatih anak-anak, mereka merupakan atlet bergelar master, antara lain MI Fitra Andika, MN Muhammad Johan Goliong, MN Jhon Roy Damanik, dan MN Zulfikar Panjaitan. Mereka diberi tugas mencetak pecatur handal dari SMP Negeri 4 Medan dalam jangka waktu tiga tahun ke depan, sebutnya. (SP).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *